Tuesday, July 26, 2016

Belum Punya Modal Bukan Berarti Gak Bisa Buka Usaha, Coba Aja Solusi Ini, Berani?

Sahabat semua, tulisan kali ini, Admin sadur dari sebuah blog tentang keuangan yang cukup favorite Membuka usaha sendiri itu memang bagus banget buat belajar mandiri. Entah sampingan atau full time, kalau usahamu ditekuni bukan gak mungkin mengantarkanmu ke pentas kesuksesan.

Akan tapi gak bisa dipungkiri, bahwa modal kadang menjadi kendala buat sebagian orang sebelum memulai usaha. Mau minjem orangtua kok takut ngrepotin, minjem ke teman kok gak enak. Mau pakai tabungan pribadi kok ya saldo gak mencukupi.

Jikakalau masih kepentok sama perkara modal bisa-bisa rencana bisnis malah cuma akan menjadi angan-angan. Makanya kita harus berpikir kreatif kalau begini urusannya, bukan?.

Sebetulnya ada banyak cara untuk mencari modal tanpa harus berutang ke keluarga, teman atau bank. Coba aja Sahabat baca tentang beberapa cara buat mendapatkan modal usaha tanpa harus berutang.

1. Menabung per Pekan dengan Kelipatan
Menabung bagi sebagian orang mungkin susah. Makanya butuh kerja keras agar tabungan selalu terisi (bukannya malah berkurang terus).
Menabung itu gak harus sebesar 50% dari gajimu. Sisihkan saja sekian persen dari gajimu, misalnya 20%.
Kalau masih gagal juga, ini saatnya kamu mencoba ide yang lebih radikal. Menabung per minggu dengan kelipatan.
Misalnya pada minggu pertama Maret kamu menabung Rp 5000, di minggu kedua kamu menabung Rp 10.000, minggu ketiga Rp 15.000, minggu keempat Rp 20.000. Begitu seterusnya sampai 12 bulan.

2. Membuka Garage Sale
Pasti ada banyak barang nganggur di kamar atau garasi rumahmu. Selain bikin penuh, barang-barang yang nganggur itu kadang cuma jadi pengumpul debu.
Daripada cuma bikin penuh ruangan, kenapa gak dijual saja lewat garage sale atau online? Lagi pula ruangan bakal lebih menyenangkan kalau lebih lega. Hasil penjualan barang tersebut bakal jadi lumayan buat menambah modal usaha.

3. Patungan
Kalau sudah ada tabungan tapi dirasa masih kurang, kenapa gak coba patungan saja? Bisa kok patungan sama keluarga atau teman.
Pastikan kamu sudah ada business plan dulu buat lebih meyakinkan mereka. Nanti keuntungan bisa dibagi berdasarkan porsi patungan modal.

4. Ikut Arisan Modal
Daripada nongkrong sana-sini gak jelas, mending manfaatin buat arisan. Bikin aja arisan bareng temen-temen nongkrong, kantor atau tetangga sekomplek. Lumayan lho, misalnya saja arisan per bulan Rp 100 ribu, kalau peserta ada 20 orang, setiap kocokan bisa dapat Rp 2 juta tuh.

5. Kenalan sama Crowdfunding
Punya ide yang kamu anggap luar biasa untuk berbisnis? Coba deh pakai sistem crowdfunding.
Sistem crowdfunding ini berupa donasi dari orang-orang yang tertarik dengan ide kamu. Untuk memancing minat para donatur, kamu harus menyajikan ide yang unik. Kamu juga bisa memberikan imbal balik berupa diskon, merchandise untuk para donatur yang mendonasikan nominal tertentu.

Semoga solusi ini bisa bermanfaat bagi sahabat yang mau buka usaha, akan tetatpi modalnya belum ada atau belum mencukupi untuk memulai sebuah bisnis. Namun tidak ada salahnya untuk mencoba solusi di atas.

Related Posts

Belum Punya Modal Bukan Berarti Gak Bisa Buka Usaha, Coba Aja Solusi Ini, Berani?
4/ 5
Oleh